03 Mei 2013

Komik Sepatu Dahlan




Judul            :  Komik Sepatu Dahlan
Pengarang   :  Khrisna Pabichara
Komikus      :  Tita larasati
Tebal           :   140  hal. 
Penerbit      : Curhat anak Bangsa
My Rating  :  3 of 5 Stars


Tak disangka-sangka saya mendapat buku ini dari giveaway, tentu saja senang karena sudah banyak mendengar tentang novelnya dan melihat rating di GoodReads yang lumayan bagus. Dan ini adalah bentuk komiknya tentu saja membuat penasaran ingin membacanya.

Komik ini menceritakan tentang perjuangan hidup Dahlan Iskan (sekarang salah seorang  menteri RI), yang masa kecil nya  hidup dalam kesulitan. Sambil bersekolah dia membantu orang tua nya bekerja mengangon domba, menyabit rumput, atau menyeset tebu. Ketika lulus SR ( Sekolah Rakyat =SD) Dahlan ingin menlanjutkan ke SMP Magetan, Jawa Tengah,  tetapi tidak diperbolehkan oleh ayahnya selain faktor ekonomi alasan lain adalah untuk menjaga kelangsungan pesantren yang didirikan oleh keluarga ibunya. Maka Dahlan pun melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah di Pesantren Takeran. 

Meski  keadaan  susah, kehidupan Dahlan masa kecil bisa dinikmatinya dengan cukup menyenangkan bersama teman-teman sepermainan dan terutama karena kehidupan keluarga yang  memberikan perasaan nyaman, dengan ayah yang sangat pendiam  tapi pekerja keras, dan ibu  yang juga tak bisa diam dengan mengisi waktu luangnya dengan membatik, sangat penyabar dan penuh kasih terhadap anak-anaknya.

Hanya  ada keinginan Dahlan yang  selalu diimpikan tapi susah diwujudkan  walaupun  telah berusaha menabung dari hasil kerjanya , yaitu keinginan untuk memiliki sebuah sepeda dan  sepasang sepatu  ..ya sekolahpun Dahlan  tidak memakai alas kaki karena tidak punya sepatu.., ketika ia  menjadi anggota grup volley  tetap belum punya sepatu , bahkan sampai ibunya meninggalpun keinginan tersebut belum tercapai..

---------

Ide  yang bagus, itulah pendapat saya ketika  mengetahui bahwa cerita ini dibuat komik,  menurut saya sangat  cerdik  karena dengan demikian pangsa pembacanya bisa  lebih meluas.  Komik bisa dibaca oleh orang dewasa   dan anak-anak  apalagi mengingat isi ceritanya bisa memotivasi pembacanya  terutama anak-anak untuk selalu bekerja keras  dan tidak mudah menyerah dalam menghadapi tantangan dan belajar untuk lebih bersyukur dengan keadaan..
Apalagi  yang membuat disain grafis ini adalah Tita Larasati..saya suka dengan karakter gambarnya, tarikan garisnya kasar  tapi ekspresif (menurut saya yang awam lho)... keren. 
Saya  mengira buku ini akan bercerita dengan tuntas ternyata ceritanya seperti belum  selesai  ya, karena  Dahlan belum kesampaian mendapatkan sepatunya.

Apakah akan  ada kelanjutannya ? 



*terimakasih Noura Books




Tidak ada komentar:

Posting Komentar