11 Mei 2017

Crazy Rich Asians ( Kaya tujuh turunan



Judul                : Kaya Tujuh Turunan
Judul  Asli        : Crazy Rich Asians
Penulis             : Kevin Kwan
Penerjemah     : Cindy Cristanto
Jumlah hal.     :  480  hal.
Penerbit          : Gramedia Pustaka Utama
ISBN                :  9786020314433
My rating        : 3,5 of 5 stars

Kita pasti paham di dunia ini ada orang kaya dan ada orang miskin, tapi tidak semua orang tau bahwa orang kaya itu ada 'level' nya. Ada orang kaya seperti umumnya yang sering dilihat dan dibayangkan oleh kita, tapi ternyata ada yang kekayaannya tidak terbayangkan oleh orang awam. Ada orang yang sangat kaya, ada yang super kaya, Ada yang kaya karena usaha, keberuntungan atau karena warisan orang tua atau warisan turun temurun.  Ada OKB (orang kaya baru ) dan ada yang  sudah dari 'sono'nya berkelimpahan. Status ekonomi ini pun berkaitan erat dengan status sosialnya.  Orang kaya lama yang telah menikmati kekayaan sekian lama biasa nya mempunya status sosial yang lebih tinggi dan memandang OKB dengan pandangan sinis. Pendidikan tinggi pun tidak masuk hitungan untuk minta dihormati oleh si kaya lama jika kedudukan sosial dan asal muasal  tidak menunjang. Nama Fam ( keturunan ) bisa memperlihatkan seberapa dihargai kedudukan itu.

Jadi buku ini bercerita tentang kehdupan orang-orang keturunan Cina yang super duper kaya yang sebagian besar tinggal di Singapura...horang kayah...(kalau istilah anak muda).

Felicity yang akan menginap di sebuah hotel mewah menelpon suaminya ketika  mendapat pelayanan yang kurang memuaskan karena penampilan yang tidak "sempurna" dari manajer hotel. Suami yang tesinggung langsung menelpon pemilik hotel, dan kemudian mengambil alih (membeli ) hotel tersebut ketika itu juga.  Bayangkan bagaimana shock nya sang manjer hotel ketika diberitahu hal itu oleh atasannya yang langsung datang saat itu juga.. dan apa yang dikatakan Felicity kepada sang manager :

  Felicity berbalik menghadap Ormsby yang sekarang terlihat seperti akan pingsan . "Oh ya, aku hampir lupa," ucapnya dengan senyum, " sayangnya, saya terpaksa harus meminta Anda untuk meninggalkan tempat ini." (hal. 19 )...gubraak..:(


Membaca buku ini harus siap menghapal nama- nama karena begitu kita membuka
halaman cerita, kita disuguhkan daftar silsilah ( pohon keluarga ) dan nam-nama tersebut  yang nanti akan muncul mewarnai cerita ini.

Fokus cerita adalah Nicholas Young anak dari keluarga Young,  keluarga Cina  kaya raya yang mempunyai kekayaan melimpah di Singapura, Nicholas yang sekolah dan bekerja di Amerika berpacaran dengan Rachel Chu, seorang dosen ekonomi keturunan Cina.
Ada juga Astrid saudara sepupu Nicholas, seorang wanita cantik dan berkelas yang menjadi idola para wanita kaya di Singapur yang menikah dengan Michael Teo, sarjana IT dari kalangan biasa.
Kita pun diperkenalkan dengan para anggota keluarga karakter, kebiasaan dan tidak ketinggalan kekayaan dan status sosialnya... Di sini sauya sering membolak-balik halaman untuk melihat posisi mereka dari pohon keluarganya...

Nick mengajak Rachel ke Singapura untuk menghadiri pernikahan sahabatnya dan bertemu dengan keluarga Nick. walau awalnya Rachel ragu akhirnya mereka terbang ke sana.
Rachel tidak pernah membayangkan bagaimana kehidupan Nick di negara asalnya, Dia sangat terkejut melihat kehidupan orang-orang Cina kaya di sana, apalagi kehidupan keluarga Nick yang tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Penerimaan keluarga dan teman-teman Nick yang sinis  membuat Rachel serba salah, dan kalang kabut. Untung ada Astrid yang selalu memberi semangat walaupun Astrid pun sedang mengalami masalah keluarga yang cukup pelik.

Bagaimana hubungan Nick dan Rachel setelah menemui berbagai masalah yang dijumpai selama di Singapura, aadakah peran sahabat, teman dalam merajut hubungan ini.
Bagaimana pula kelanjutan rumah tangga Astrid setelah diterpa isu perselingkuhan. Ada kejutan di akhir cerita dari keluarga ini.

Akhir yang di luar dugaan dari hubungan dua pasangan ini.

Cerita bergulir dengan berbagai konflik yang disuguhkan; kadang lucu membuat pembaca ketawa atau tersenyum kecut, kadang membosankan karena ada bagian yang terlalu lamban  atau capek membolak balik halaman untuk menghapal nama yang muncul, kadang terpesona dan aneh  melihat kekayaan dan gaya hidup orang-orang kaya yang berkelimpahan harta dengan pakaian dan barang-barang ber merk yang menyelimutinya, juga adat / culture orang Cina dalam melihat keturunan untuk jodoh anaknya.. ya mungkin mirip begitu orang asia pada umumnya termasuk di Indonesia juga  :)

Buat saya cukup menghibur.



Asian Literature






























16 April 2017

drama MANGIR

Judul              : drama MANGIR
Penulis           : Pramoedya Ananta Toer
Penerbit         : KPG  ( Kepustakaan Populer Gramedia )
ISBN             : 9789799109262
Jumlah hal.     : 141 hal.
My Rating      : 3 of 5 stars


Kebiasaanku membaca kata pengantar sebelum membaca isinya ternyata sangat berguna untuk membaca buku ini. Karena tanpa membaca kata pengantarnya... percaya deh cerita ini bisa membingungkan, cara berceritanya lain dari novel biasanya,yakni menggunakan cara pentas panggung, tidak ada narasi selain dialog, jadi agak susah mencerna cerita utuhnya.

Cerita ini berkisah tentang Mataram setelah kejatuhan kerajaan Majapahit tahun 1527. Banyak bekas wilayah Majapahit bangkit dan memisahkan diri sehingga terjadi kekacauan. Salah satunya Mataram di bawah Panembahan Senapati, putra ki Ageng Pamanahan seorang ahli perang, tokoh pendiri Mataram.
Panembahan Senapati berkeinginan menjadi penguasa tunggal di Mataram, dia menaklukan desa/perdikan disekitarnya, salah satunya yg mengadakan perlawanan adalah Perdikan (daerah otonomi)  Mangir di bawah kepemimpinan Ki Ageng Mangir Wanabaya, pemuda gagah berusia 23 tahun.
Wanabaya di bantu oleh Baru Klinting dan para pemuka desa melakukan perlawanan sengit yang merepotkan Mataram. Panembahan Senapati bersama Tumenggung Mandrakara penasihat perangnya, mengubah taktik dengan memanfaatkan putri Pembayun, putri sulung panembahan Senapati yang cantik menawan, ia menyamar sebagai penari tandak untuk menggoda Wanabaya. Wanabaya terjebak rayuan sang putri dan menikahinya. Akhirnya dengan tipu muslihat Wanabaya terbunuh dengan cara mengenaskan..
Lho kok spoiler  diceritain  Wanabaya meninggal...bisa iya bisa tidak, soalnya sejak dari narasi di kata pemgantarnya sudah dikatakan bahwa  Ki Ageng Mangir Wanabaya ini  gugur berikut bagaimana cara dia menemui ajalnya. jadi pembaca sudah mengetahui dari awal bahwa kematian Wanabaya akan terjadi. Walapun ternyata ada kejutan juga karena cara meninggalnya tidak sama dengan yang diceritakan di awal.
Jadi apa yg menarik? Sila baca sendiri...:)

Semula aku kurang yakin akan bisa lancar membaca buku ini, karena gaya bercerita yang berupa dialog panggung, minim  narasi dan tidak ada pennggambaran suasana dan aura secara detail, semuanya harus kita rasakan dan bayangkan dari kuatnya bahasa dialog. Mungkin disinilah  kekuatan Pram,walaupun tidak memakai bahasa kekinian tapi aku dapat menangkap maksud cerita dan membayangkan suasananya. Aku menyukainya atau mungkin juga  karena sebagai penyuka sejarah jadi bidsa menikmatinya, di sini  aku mendapatkan pencerahan baru dari sejarah yang pernah diajarkan di sekolah.
Ternyata aku bisa menikmatinya.

"Bila berbahagia ingatlah pada maut yang semakin dekat. Bila hadapi mati hendaknya orang menghitung semua kebahagiaan yang sudah terlewati."  ( hal. 51).






25 Maret 2017

The Pelican Brief

Judul             : The Pelican Brief
Judul asli      : The Pelican Brief
Pengarang    : John Grisham
Penerjemah  : Hidayat Saleh
Jumlah hal    : 618 hal.
ISBN           : 979222888X
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
My rating      :  4  of  5  stars


Berawal dari kematian dua orang hakim agung Amerika yaitu, Abraham Rosenberg hakim senior yang sudah tua dan sakit-sakitan tapi karena ini adalah jabatan seumur hidup maka dia tidak dapat diberhentikan; dan hakim Jensen hakim termuda diantara 9 hakim agung, kemudian diketahui dia adalah seorang gay, mereka berdua dibunuh secara keji. Pembunuhannya sangat rapi tidak ada jejak dan tanda yang ditinggalkan si pembunuh, ini menandakan pembunuhnya seorang profesional.  Apakah seorang pembunuh bayaran?
Presiden beserta  Flether Coal kepala stafnya yang sangat pintar dan berkuasa, memerintahkan FBI dan CIA untuk menyelidiknya.

09 Februari 2017

Selasa Bersama Morrie

Judul buku    : Selasa Bersama Morrie
Judul asli        : Tuesday With Morrie
Penulis           : Mitch Albom
Penerjemah   : Alex Tri Kantjono Widodo
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah hal     : 209  hal.
ISBN            : 9786020334758
Rating            : 4 of 5 stars



Sudah lama saya berminat untuk  membaca buku ini, menurut pengamatan saya buku ini termasuk kategori buku 'abadi' banyak diulas dan diminati pembaca. Tanpa disangka awal tahun saya dapat hadiah buku ini senang sekali... pasti.

 " Hidup ini merupakan rangkaian peristiwa menarik dan mengulur. Suatu saat kita ingin mengerjakan satu hal, padahal kita,perlu mengerjakan seduatu yang lain...." (42).

Apakah kamu punya seorang guru yang sangat mengesankan, guru yang tidak hanya mengajar tapi membangkitkan semangat dan menginspirasi?  Mitch Albom punya.   Ya ia mempunyai  Morrie Schwartz, seorang maha guru yang pernah menjadi dosennya. Morrie bukan hanya menjadi guru biasa ketika mengajar tapi juga menjadi teman dan pembimbing yang menginspirasi,.. dan ternyata bukan hanya ketika dia menjadi mahasiswa tapi juga bertahun kemudian ketika mereka bersua kembali.  Morrie memberinya pelajaran tentang kehidupan.

Mitch mengenal Morrie sejak hari pertama kuliah, pada musim semi 1976.  Morrie memanggilnya dengan panggilan akrab -Mitch-, sedangkan  Mitch memanggil Morrie dengan sebutan -Coach-. Hubungan mereka sangat dekat. Kesukaan Morrie terhadap buku menular pada Mitch, mereka sering membicarakan buku- buku kesukaan Morrie atau pergi makan bersama di kafetaria. Ketika Mitch lulus kuliah pada penghujung musim semi 1979 dari Brandeis Unibersity di.Walthamm,  Massachusset,.mereka berpelukan dan Mitch berjanji untuk tetap saling berhubungan.
Tapi karena kesibukan, Mitch seakan lupa pada janjinya, sampa 16 tahun kemudian ia mendengar kabar tentang Morrie, kabar yang kurang menggembirakan, Morrie divonis menderita penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis)-sebuah penyakit ganas, yang menyerang sistem saraf, penyakit ini akan memggerogoti badan dan sistem sarafnya. Morrie tidak berkecil hati walau ajal akan segera menjemputnya., dia ingin  proses kematiannya menjadi proyeknya yang terakhir, dengan menjadikan dirinya sendiri sebagai objek penelitian.

Belajarlah dari lambat dan perlahannya proses kematianku. Perhatikan apa pun yang terjadi padaku. Belajarlah bersamaku.  (11 )

Mitch menemui Morrie, kedatangan Mitch seakan memberi semangat baru bagi Morrrie yg saat itu telah lemah dan duduk di kursi roda, kemudian mereka berjanji untuk bertemu setiap hari selasa..
Sejak saat itu setiap hari Selasa Mitch menempuh perjalanan jauh untuk menemui Morrie, dia menjadi saksi perkembangan penyakit Morrie dengan semakin melemahnya Morrie, .ikut menemani Morrie untuk shooting  acara TV yang membahas tentang keadaan Morrie. Setiap pertemuan dirasa sangat berharga bagi Mitch banyak ucapan dan perilaku Morrie yang menjadi pelajaran berharga bagi dirinya. Bagi Morrie keadaan sekarat bukan berarti tidak berguna. Morrie mengajarinya tentang :
- Dunia,
- Mengasihi diri sendiri,
-  Penyesalan diri,
- Kematian,
- Keluarga,
- Emosi,
- Ketakutan menjadi tua,

"Jika kalian terus berusaha melawan proses penuaan, kalian akan selalu merasa tidak bahagia, karena bagaimnapun itu akan terjadi." ( hal. 126 )

- Uang,
- Cinta yang tak padam,
- Perkawinan,
- Budaya,
- Maaf,
"Maafkan dirimu sendiri sebelum kau mati. Baru kemudian memaafkan orang lain."  ( hal. 175 )

- Hari yang paling baik..
- Terakhir saling mengucapkan perpisahan.


Bagi Mitch, Morrie adalah guru yang selalu ada dalam hatinya, kuliah-kuliahnya yang terakhir yakni setiap hari Selasa, di rumah Morrie , di dekat jendela sambil memandangi bunga-bunga adalah kuliah yangsangat berkesan, tanpa buku tanpa tugas yang harus dinilai tapi mengajarkannya makna hidup  yang diajarkan melalui pengalaman.

"Artinya, Kuliah ini tak akan pernah berakhir." ( hal. 207 )

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cerita  penuh dengan pelajaran tentang kehidupan. Mitch bercerita dengan gaya maju mundur dari masa-masa kuliah resmi berikut suasana pertemanan dengan Morrie, diselang seling dengan masa "kuliah" setiap hari Selasa bersama Morrie berikut perkembangan kesehatan dan hubungan pribadi yang semakin mendekatkan perasaannya pada Morrie. Mengalir dengan lancar tanpa kita harus membuka-buka halaman sebelumnya untuk mengingatkan sesuatu.

 "Setiap orang tahu mereka akan mati, tapi tak seorang pun percaya bahwa itu bisa terjadi pada mereka dalam waktu dekat."  ( hal. 85 )



Name in a book







31 Desember 2016

86





Judul                :   86
Penulis             :   Okky Madasari
Jumlah hal.       :   256 hal.
ISBN               :  978 979 22 6769 
Penerbit            : Gramedia Pustaka Utama
Rating                : 3,5  of 5 Stars


86 apa sih artinya?
Saya belum.pernah membaca reviewnya ketika baca buku ini jadi belum memgerti apa maksud dari 86.

Arimbi gadis kampung yang berhasil mengenyam pendidikan sampai sarjana, nasib baik pula ketika mengikuti tes sebagai pegawai negri dia diterima sebagagai pegawai di kantor kejaksaan di Jakarta. Walaupun sarjana dia menempati posisi sebagai pegawai rendahan yang bertugas mengetik berkas-berkas perkara sebagai staf panitera.  Arimbi menjadi kebanggaan orangtua di kampung, karena telah menjadi seorang pegawai negri yang merupakan simbol status keberhasilan keluarga yang bisa mengangkat derajat mereka.

Biarpun telah 4 tahun bekerja dia masih seorang pekerja yang lugu, piolos dan jujur, dengan gaji yang kecil,  dia masih tinggal kost di sebuah gang sempit yang kumuh. Sampai pada suatu kesempatan dia mengetahui satu kebiasaan yang selama ini luput dari pengamatannya.  Dia berkenalan dengan satu istilah yang semua orang sudah tau kecuali dirinya, yaitu ketika dia mewakili bu Danti atasannya untuk berurusan dengan seorang pengacara.

"........Sudah nggak usah sungkan-sungkan. Memang kita baru kenal, tapi ya sama-sama tahulah, delapan enam aja deh!" ( hal. 94 )

Sejak saat itulah  dia tahu apa yang dimaksud dengan 86 dan karena lingkungan, kebutuhan  dan ambisi dia ikut terlibat didalamnya, ikut 'kecipratan'  dan menikmatinya... Arimbi telah berubah

Setelah menikah dengan Ananta, kebutuhan semakin bertambah tapi akhirnya tersandung dan dikorbankan oleh atasannya sehingga dia tertangkap dan mengalami kehidupan di penjara.
Bagaimana proses selanjutnya ketika dia sudah merasakan kehidupan di penjara yang penuh intrik dan tidak lepas dari kejahatan yang tidak kalah mengerikan yaitu..narkoba.

-----------------------------------------------------------------------------

Dengan membaca cerita ini kita bisa membayangkan betapa kacau dan sedemikian parahnya keadaan lembaga hukum di Indonesia ( atau semua lembaga di Indonesia? ), korupsi merata dari atasan sampai pegawai yang terendah. bahkan pegawai yang tadinya polos dan lugu pun sadar ataupun tidak dapat terpengaruh dan menikmatinya.
Yah korupsi sudah menjadi penyakit yang sepertinya mendarah daging dalam lembaga-lembaga negara ini,
bukan hanya para pegawai tapi rakyat biasa pun mengikuti pola itu untuk mendapatkan keinginannya jika berhubungan dengan lembaga pemerintahan.

Sekali lagi Okky berhasil bercerita dengan lancar dan mudah dipahami sehuingga kita sebagai pembaca dapat merasakan apa yang sedang terjadi.





21 Desember 2016

Sebening Air Perigi Ananda



Judul           : Sebening Air Perigi Ananda
Penulis        : Yeti Widiati
Jumlah Hal. :250 hal.
Penerbit       : Paradigma
ISBN          :  978 602 73933 01 
Rating          : 4 0f  5 Stars



Buku ini membahas tentang cara mengasuh  anak-anak  di era digital.. Mendidik, dan  membimbing buah hati dengan segala persoalan mulai dari yang sederhana sampai yang dapat mengganggu perkembangan jiwa.
Terbagi dalam beberapa bagian (diistilahkan dengan perigi )  yang juga terdiri dari beberapa judul yang lebih terfokus pada suatu hal.

1. Mengawani Perubahan

Sekarang siapa yang tidak kenal jargon -kurang piknik- yang ditujukan kepada orang-orang yang berpikiran sempit, kurang terbuka dan selalu curiga pada hal-hal baru .
Penulis menjelaskan dengan sederhana tapi mengena :

Orang-orang  yang "kurang piknik" ini tidak menyadari bahwa di tempat lain, di komunitas lain, di belahan dunia yang lain, di ilmu yang lain , ada cara pandang yang berbeda , value yang berbeda , karakteristik orang yang berbeda dan segala macam perbedaan lainnya. (hal. 22)

kurang lebih artinya sama dengan pepatah "seperti katak dalam tempurung.
Kenapa orang Indonesia banyak yang "kurang piknik" karena pendidkan kita tidak memberi ruang pada rasa ingin tahu (curiosity) untuk belajar dan sesuatu dan antusiasme terhadap hal-hal baru.

2. Menyiapkan Perbaikan
'Tuntaskan masalah pada masa lalu agar tidak menjadi kerikil pada masa depan. Ajarkan anak menyelesaikan  masalahnya yang 'kecil' pada masa kecil sehingga tidak menjadi masalah dan beban "besar" pada saat besar." (hal. 62)

3. Menggugahkan Komunikasi
Kita ingin anak menjadi yang terbaik, begini atau begitu tapi kita sendiri tidak memberi ruang bahkan tidak memberi contoh kepada mereka.
'oh.. ternyata banyak benar paradoks yang kita lakukan di hadapan anak-anak". (hal. 107)

4. Meniti Perkembangan
Pernahkah kita mengalami situasi buruk dalam keluarga dan tidak memberitahukan kepada anak dengan alasan masih kecil, tidak perlu, atau takut mengganggu kehidupannya, padahal anak sering merasakan ada hal negatif tapi tidak tahu pasti apa yang terjadi..

"Jadi, pertanyaannya,kapan dan sejauh apa kita harus memberitahu anak tentang urusan keluarga?'            (hal. 149 )
5. Mengolah tanya
apakah kamu termasuk introvert atau ekstrovert, pernahkah dihakimi orang gara-gara kamu pendiam disebut introvert atau karena kamu banyak bicara disebut ekstrovert ?padahal tidak sesederhana itu.

Introversi dan ekstroversi adalah berkaitan dengan bagaimana seeorang mengarahkan energi mentalnya. ( hal, 228 )
Penjelasannya dengan gamblang akan dipaparkan di buku ini

Inti dari buku ini mengajak para orangtua untuk percaya bahwa setiap anak mempunyai keunikan sendiri.  Bukan hanya dengan memberi pelajaran tapi kita harus berani dan mau untuk bersusah payah mengajar anak menggali potensi dirinya, menemukan air pengetahuannya, merasakan kegagalan dan kesulitan serta kepuasan mencapai  keberhasilan dan pencapaian. Jadi kita tidak hanya memberi air, tapi mengajarkan bagaimana menggali sumur ( perigi ) untuk mendapatkan air yang jernih.

Penasaran? silakan baca sendiri  :)


-----------------------------------------------------------------------------------------------

Sudah lama saya tidak pernah membaca buku-buku selfhelp, parenting, dan sejenisnya, karena saya merasa bosan ( maaf ). Tapi saya tidak merasa rugi membaca buku ini karena memberikan masukkan yang sangat berguna  dan gaya penulisan yang tidak terasa menggurui dan tidak hanya penuh teori yang mengawang.

Penulis menjelaskan semua dengan bahasa yang sederhana, tidak akan terasa bosan  membacanya karena penjelasannya dibagi dalam beberapa judul yang dapat dibaca derngan santai tapi isinya dapat dimanfaatkan oleh orangtua. Dengan latar belakang sebagai seorang psikolog dan pengalaman sebagai orangtua dari anak yang berkebutuhan khusus, pemaparannya dilatari ilmu dan pengalaman  dengan penyampaian yang dapat dipahami pembacanya.


'Stress, cemas, atau bahagia adalah pilihan kita'   (hal. 134 )

Direkomendasikan buat orangtua dan para pemerhati perkembangan anak.



06 September 2016

Entrok



Judul           : Entrok
Penulis      : Okky Madasari
Penerbit      : Gramedia Pustaka Utama
ISBN          : 9789792255898
Jumlah hal : 282 hal.
Rating       : 4 of 5  stars



Awalnya saya bertanya-tanya, apa sih artinya entrok? setelah menyimak perbincangan pembacanya barulah tahu apa artinya dan membuat tertarik untuk membacanya.

Cerita bermula pada tahun 1950-an, tidak lama setelah kemerdekaan diproklamirkan, masa  itu rakyat hidup dalam kesulitan.  Marni anak perempuan yang beranjak remaja hidup serba kekurangan bersama ibunya di Singgetan sebuah tempat di pelosok Jawa Tengah, .ibunya bekerja sebagai pengupas singkong di pasar Ngranget. Marni ingin sekali memakai entrok ..ya entrok adalah sebutan untuk... BH.. yang biasa dipakai oleh perempuan sebagai penyangga dada. Saat itu entrok merupakan barang mahal hanya perempuan tertentu saja yang dapat memilikinya, sedangkan perempuan "biasa" hanya memakai kain untuk menutupi dadanya.Tentu saja ibunya menolak untuk membelikan karena  penghasilannya hanya cukup dipakai untuk makan seadanya.
Keinginan inilah yang membuat Marni bertekad untuk memilikinya. Marni adalah tipe perempuan yang pantang menyerah dan ktreatif. Dia berhasil mewujudkan keinginannya hasil dari usaha berjualan sayur mayur keliling kampung. Kemudian dia menikah dengan Teja teman sesama pekerja di pasar. Dibantu oleh Teja dia meneruskan usaha berjualan dengan penuh semangat.


Dari sinilah cerita mulai bergulir, perjuangan Marni dalam menjalankan usahanya; pertentangan dia dengan anaknya yang selalu tidak ada kesepahaman terutama dalam keyakinan dan kepercayaan; ketabahan dalam mengarungi pernikahan karena suaminya bukan orang yang bisa berpikir semua tergantung pada istrinya dan mulai sering mabuk dan berselingkuh;  usahanya untuk mengendalikan kesabaran dan mengatur siasat. dalam menghadapi tekanan dari aparat negara baik pejabat sipil atau militer yang selalu menjadikan dia sebagai sapi perahan.
Perseteruan antara Marni dan anaknya Rahayu ini dikisahkan dari sudut pandang mereka masing-masing.
Betapa sedih dan kecewanya Marni karena Rahayu tidak pernah mau mendengar kata-katanya bahkan selalu memarahi  ibunya sebagai orang yang berdosa dan sirik, karena masih menjalankan adat kebiasaan yang menurut gurunya perbuatan salah dan penuh dosa.

".....Dia bilang hanya Gusti Allah yang boleh disembah. Lha iya, tapi aku tahu Gusti Allah ya baru-baru  ini saja. Lha gimana mau nyuwun kalau kenal saja belum."   ( hal. 101 ).

Apapun yang terjadi Marni sayang pada Rahayu, selalu berusaha menyenangkan dan memenuhi segala kebutuhan anaknya.
Walaupun buta huruf Marni bertekad untuk menyekolahkan Rahayu anak semata wayang nya itu  untuk sekolah setinggi mungkin agar bisa menjadi pegawai, jabatan yang sangat terhormat saat itu.

23 Mei 2016

4.50 from Paddington


Judul  Asli            : 4.50 from Paddington
Judul                    : Kereta 4.50  dari Paddington
Penulis                 : Agatha Christie
Penerjemah          : Lily Wibisono
Jumlah halaman    : 341  hal.
Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
ISBN                  : 978 979 22 3130 4
My rating             : 4  of  5 Stars

Bertemu lagi dengan Miss Marple, nenek 'rajuter' ( :D ) dari kota kecil St Mary Mead.
Bagaimana kisah petualangan Miss Jane Marple setelah mendengar cerita dari Mrs. McGillicuddy yang mengunjunginya dengan kereta api dari Paddington. 

Mrs.Gillicuddy berangkat  jam 4.50 dengan kereta api dari Paddington,   ketika ada KA lain yang sejajar dengan kereta api yang ditumpanginya, secara kebetulan dia melihat ke arah jendela dan melihat pemandangan yang mengerikan yaitu seorang pria mencekik seorang wanita, nampak jelas baginya raut wajah wanita yang menghadap ke arah luar , dan bentuk tubuh serta warna rambut laki-laki yang sedang mencekik yang berdiri membelakangi nya. Ketika hal itu dilaporkan, petugas KA hanya menganggap bahwa itu hanya halusinasi seorang wanita tua. Apalagi sampai keesokan harinya tidak ada kabar ditemukan mayat baikdi dalam kereta maupun di luar sepanjang perjalanan kereta.
Tidak demikian dengan Miss Marple, walaupun sudah tua tapi naluri keingintahuan dan jiwa petualangan nya tertantang, terutama dia percaya dengan kredibilitas temannya itu. Dia melakukan pelacakan sendiri dengan mencoba melewati jalur kereta api dari Paddington dan menemukan tempat-tempat yang menurut imajinasinya dapat dimanfaatkan oleh si pembunuh untuk menyembunyikan perbuatannya.

Karena merasa tubuhnya sudah terlalu lemah untuk dapat bergerak sendiri maka ia minta bantuan Lucy Eyelesbarrow seorang penata rumah tangga yang sudah dikenal kedisiplinan dan kecerdasannya. Lucy diminta untuk bekerja di rumah keluarga Crakenthrope, di rumah besar yang berhalaman luas  bernama Ruther ford Hall  yang dibangun tahun 1884, terletak persis di luar kota Brackhampton. Miss Marple menugaskan Lucy untuk mencari...mayat wanita..tentu saja Lucy kaget tetapi akhirnya ia menyanggupinya.
Rumah itu kini dihuni oleh Mr.Luther Crakenthrope yang sudah sakit-sakitan yang diurus oleh anak perempuannya Emma Crakentrhrope dan di bawah pengawasan dokter Quimper yang menangani kesehatannya.

22 Februari 2016

Kubur Berkubah





Judul          : Kubur Berkubah
Judul asli    : Dead Man's Folly
Penulis        : Agatha Christie
Penerjemah : Suwarni A.S.
Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama
Jumlah Hal  : 298 hal.
ISBN            : 9789792291568
My Rating    : 3 of 5 stars

Kali ini Poirot diminta bantuan oleh Mrs. Ariadne Oliver - seorang penulis kenalan lama Poirot- untuk datang ke Nasse House, Nassecombe. Ia ingin Poirot membantunya memecahkan masalah  -entah apa- karena dia merasakan ada sesuatu yang akan terjadi.
Nasee House adalah rumah peristirahatan mewah milik Sir George Stubb di sana akan diadakan satu perayaan, salah satu  acaranya adalah permainan " Pelacakan Pembunuhan " yang terinspirasi dari cerita mrs. Oliver.
Sayang Poirot tidak bisa mencegah ketika serentetan peristiwa terjadi, yaitu pembunuhan terhadap seorang gadis, dan hilangnya Lady Stubbs, istri Sir George si pemilik rumah.
Seperti biasa Poirot menelusuri dengan mendengarkan dan mewawancari sumber-sumber yang ada di sekitar, terutama Mrs. Follat wanita tua yang cerdas mantan pemilik Nasse House, Miss Brewis, sekretaris sir George yang cekatan , dan seorang nelayan tua yang sangat menguasai lingkungan setempat. Apa sebenarnya kubur berkubah, adakah peristiwa ini berkaitan dengan masalah percintaan atau warisan. dll..
Apakah  Poirot bisa memecahkan masalah ini.......oh pasti bisa dong :D,  tapi apakah dia bisa memecahkan masalah dengan mudah atau perlu pelacakan rumit nan berbelit?
Sila baca sendiri.............:D

Bila orang tahu  apa yang dicarinya, maka akan menjadi mudah.tapi sering orang tak tahu apa yang dicarinya." (hal. 237 )

Sayang nya di buku ini saya tidak menemuklan penggambaran tokoh secara detil yang biasa menjadi ciri khas Abatha Christie

24 Januari 2016

Lingkar Tanah Lingkar Air


Judul           : Lingkar Tanah Lingkar Air
Penulis        : Ahmad Tohari
Editor          : Eka Pudjawati
Jumlah Hal  : 165 hal.
Penerbit       : Gramedia Pustaka Utama
ISBN            : 9786020318608
My Rating    : 4 of 5 Stars



Amid, Jun, Kiram seperti halnya pemuda-pemuda kampung lainnya ikut dalam kancah pergolakan paska kemerdekaan  1946 - 1950, ketika itu  mereka tergabung di bawah panji Hizbullah bersama-sama dengan pasukan  Republik ( pasukan resmi pemerintah Indonesia ),  mereka melawan Belanda. Amid mempunyai keinginan setelah perang usai  ingin bergabung dengan  tentara Republik.
Tetapi setelah Belanda pergi kenyataan lain dari keinginan, karena  teman-temannya menolak bergabung dengan tentara Republik , ketika ia berkonsultasi dengan Kiai Ngumar, beliau memberi nasihat yang membuat Amid ragu mengikuti teman-temannya.

"Ya. Sembahyang adalah kewajiban yang datang dari Tuhan untuk setiap pribadi yang percaya.Ya. Kewajiban sembahyang tidak datang dari seseorang untuk orang lainnya. Maka secara pribadi aku tak berani mewajibkan  apa-apa kepada orang lain karena aku juga tak mungkin memberinya pahala, tak pula berhak menghukumnya.........." ( Hal. 54