24 April 2013

CLOSE UP INTERVIEW



Untuk memeriahkan ulang Tahun nya yang kedua Bloger Buku Indonesia mengadakan berbagai acara diantaranya Close Up Interview  yaitu wawancara antar  anggota  tujuannya untuk lebih saling mengenal  sesama anggota BBI, sedangkan pilihan  mewawancara siapa dan diwawancara oleh siapa akan  diatur oleh panitia.
Nah event inilah yang saya pilih karena untuk mengikuti event lain persiapan saya tidak cukup.

Awalnya  bingung ketika  diberitahu saya akan diwawancarai oleh siapa dan akan mewawancarai siapa, karena ternyata dua-duanya belum saya kenal, baik di GRI maupun di BBI, tapi berbekal ‘keyakinan’ bahwa  semua angota BBI tidak ada yang sombong   ,percaya bahwa semua akan berjalan  sesuai harapan  …amin

Yuk kita bekenalan lebih jauh dengan nona manis  yang bernama  Althesia Silvia.

  
 Althesia  atau biasa dipanggil Essy adalah anak sulung dari dua bersaudara, tapi dia bingung kalau ditanya asli dari mana karena papanya asli Manado dan mamanya asli Ambon,  mereka  bekerja di Tolitoli, jadi   Essy lahir dan besar di Tolitoli sebuahkota  kabupaten di Sulawesi Tengah.  Makanya  kalau ditanya asli dari mana  ..bingung  deh ..

Sekarang  Essy bekerja di bagian IT sebuah perusahaan swasta di daerah Kuningan Jakarta, dan tinggal di daerah Karet Jakarta Selatan.

Suka membaca sejak SMP, tapi  tidak tahu pasti siapa yang mempengaruhinya hingga  suka membaca yang diingatnya dulu di rumah ada sebuah lemari buku besar punya mama dan papa , walaupun  jarang melihat kedua orang tuanya membaca buku-buku tersebut  tapi mungkin terinspirasi dari melihat banyaknya  buku di rumah ya .  Tolitoli sebuah kota yang cukup terpencil ,saat itu  tidak ada toko buku di sana, apalagi ketika  itu internet belum canggih seperti sekarang  belum bisa order buku secara online , waktu SMP itulah dia rajin mengunjungi perpustakaan sekolah dan  Trio Detektif  menjadi salah satu bacaan favoritnya.  
Setelah lulus SMP Essy masuk SMA  di Manado dan tinggal di asrama jauh dari orang tua, ketika itulah kebiasaan membacanya berhenti  total.  Kebiasaan membaca muncul kembali ketika sudah menjadi mahasiswa di Universitas Kristen Satya Wacana.

Essy  masuk komunitas GoodReads Indonesia karena ingin mempunyai perpustakaan yang mendata buku apa saja yang pernah dibacanya. Ketika di twitter mulai banyak kicauan yang membicarakan buku dan kemudian mengetahui  bung Tanzil mendata  blog buku dan mendirikan BBI bergabunglah Essy  dengan BBI.,alasan nya suka baca dan menulis  di blog, ....cocok kan..
Friends for ever


Dalam hal memilih bacaan Essy paling suka   genre classic dan historial fiction atau yang inspirational seperti  karya Mitch Albom, bahkan  buku Mitch Albom yang berjudul Tuesday Witrh Morrie merupakan buku yang  berpengaruh bagi dirinya,   membuatnya termotivasi  belajar dari setiap ucapan sang tokoh Morrie  Schwarts .  Bukan berarti tidak suka dengan genre lain , pada dasarnya semua suka  kecuali  buku yang terlalu romance  .
 Sedangkan  buku yang paling berkesan adalah Les Miserables  karya Victor Hugo yang menurut Essy buku ini perpaduan  antara  historical dan perjuangan hidup plus gambaran moralitas yang  luar biasa..wah mantap.  Tapi ada juga lho buku yang membuat  bosan dan malas untuk melanjutkan membacanya ,yaitu buku Life of Pi karya Yaan Martel, tapi karena tahu buku itu bagus dia  bertekad  suatu saat mau melanjutkan lagi kok  :).

Ceria di Pantai
Ketika masih bekerja di Salatiga Essy banyak mempunyai  waktu  luang hingga  bisa membaca sekitar 8 buku dalam sebulan, tapi akhir-akhir ini setelah  kesibukan bertambah  paling hanya bisa membaca 3  buku dalam sebulan..(ah lumayan deh ).

O ya walaupun sifat/karakter Essy cenderung introvert tapi  bukan berarti pendiam karena ‘katanya’ dia cukup cerewet ..makanya tidak seperti orang introvert yang lebih suka pergi ke gunung dari pada ke pantai  ( pengamatan asal ) Essy tidak mau memilih  karena   suka   pergi kedua tempat itu bergantian.

Bagi Essy banyak hal yang tidak mungkin  dilakukan di dunia nyata, bisa menjadi  mungkin  jika sedang membaca. Misalnya jika di dunia nyata kita ingin bisa terbang yang tentu tidak mungkin, nah kalau lagi asik membaca kita bisa masuk kedalam cerita, menghayati serasa ikut menjadi pelaku sepeti dalam buku, jadi kalau lagi baca Harry Potter  kita bisa  ikut terbang bersama si  Harry..asyik merasakan  ikutan main Quidith .. :D
Itu sebabnya dia menuliskan  moto ini yang dipasang di profile nya di GoodReads :
.  “saya membaca dan karena itu saya bisa terbang”   (http://www.goodreads.com/user/show/4760917)

Banyak manfaat yang didapat setelah bergabung dengan BBI, kata Essy ::

"Yang paling terasa sih aku lebih up-to-date sama perkembangan dunia buku. Trus berasa punya teman dimana-mana yang saling support. Nyaman banget jadi bagian dari BBI :)"


 Terakhir  ini pesan Essy untuk BBI dan para 'penghuninya (Pengurus, anggota, dll. ) :
Tetap saling mendukung yaa walaupun beda kesukaan, ada yang suka Twilight dan ada yang jadi Twilight haters hahaha...tapi takjubnya tetap bisa ketawa-ketawa bareng. Harapanku kedepannya BBI bisa mempengaruhi lebih banyak generasi muda indonesia untuk menyukai dunia baca”. 

Sst.. tambahan... untuk kriteria pasangan, buat Essy tidak harus hobby membaca yang penting bersedia mendengar ocehan Essy tentang buku yang lagi dibaca …sip deh..:D


-------------------------------------------------------        =          -----------------------------------------------------------

Dalam Close Up  Interview  ini:
Saya  mewawancarai :   Althesia Silvia   http://althesia.blogspot.com/
Dan  diwawancari oleh : Yuki Hikari  yukiyuchan.blogspot.com
Awalnya ragu karena  saya dan mereka berdua tidak saling mengenal dan umur kita yang  'lumayan berjarak'  :D. .. tapi akhirnya di sessi ini   Essy memanggil saya dengan sebutan bunda…so sweet.. 

Silakan mengunjungi Blog mereka  tampilannya yang satu memanjakan  mata, yang satu cerah ceria   :D
Terimakasih Essy dan Ain atas kerjasamanya. 
*Peluk

25 komentar:

  1. kenal esy di dunia maya waktu dia masih tinggal di Salatiga dan sempet pengen kopdar dengan Goodreads Solo :)

    essy sekarang masuk ke dalam anggota lama BBI yang mulai jarang update blog, wakakaka padahal reviewnya bagus loh, detail, yah mungkin karna kesibukan, sama dengan yang lain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih sulis..iya sedih jg jadi jarang update :(

      Hapus
  2. hihihihi... panggilan kakakku juga Essy #berasa akbrab

    BalasHapus
  3. waahh fotoku banyak banget hahahha *jadimalu*
    makasih ya bunda..aku kok berasa jadi artis gitu ya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih juga, tapi ga salah kan fotonya :)

      Hapus
    2. Iya bener kok bunda..makasih *peluk*

      Hapus
  4. Cantik ya, mungil . Salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju cantik :)
      nannti disampaikan ke Essy

      Hapus
  5. Mba Nanin, lengkap banget deh profilnya mba Essy *halah, baisanya aku manggil juga mba althesia*

    Aku termasuk jrg liat mba Essy akhir2 ini, apa karena uda jrg online yaaa~

    BalasHapus
    Balasan
    1. lengkap ya, itu foto2 nya udh izin Essy ngambil sendiri, jd 'kejutan' juga buat Essy pilihannya :)

      Hapus
  6. Salam kenal Mbak Essy, wah jadi menginspirasi buat panggil Bunda Nannia juga, hihi... :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti disampaikan ke Essy.
      bolehh...:)

      Hapus
  7. Mungkin krn masih suka liat Essy di bajay ya, jadi gak ngeh kalo essy jarang apdet blog *waduh*

    Eits punya panggilan baru buat Teh Nani. Halooo...Bunda :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bajay apa nih :)
      panggil apa aja boleh ,asal jangan panggil ade hehe

      Hapus
  8. esi ini sesepuh di bbi tapi sekarang memang jarang update yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. apaan sih sesepuh mastez..aku kan msh muda :)

      Hapus
  9. Salam kenal mbak nani, mbak essy... :)

    BalasHapus
  10. Waaaa.. Mba nannia wawancara essy toh.. Iya, dengan adanya bebi para bookworm mengumpulkan kekuatan nih.. *apa coba* hehehe..

    BalasHapus
  11. ia sm essy yang ternyata 'senior' di BBI :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. duhh senior apaan sih bunda..hahaha

      Hapus
  12. salam kenal mbak Nannia dan mbak Essy

    BalasHapus
  13. Halo Lin-lin salam kenal juga :)

    BalasHapus