03 April 2013

Cat Stories ( Kisah-Kisah Kucing )



Judul     :  Cat Stories  ( Kisah-Kisah Kucing )
Penulis  :   James Herriot
Tebal.   :   216  hal.
Penerbit :  Gramedia Pustaka Utama
My Rating :  4  o  5 Stars


Ketika mampir ke Toko Buku tertarik untuk membeli buku ini dengan dua alasan : pertama; karena menceritakan tentang kucing, di rumah saya selalu ada kucing padahal saya bukan penyayang kucing :(
kedua;  melihat pengarangnya James Herriot ..wah kangen dengan gaya berceritanya  :)

James Herriot

Pertama kali berkenalan dengan James Herriot di buku "Seandainya Mereka Bisa Bicara" (If Only They Could Talk ), yang  ceritanya sukses membuat saya tertawa terpingkal-pingkal ketika membaca pengalaman Herriot  sebagai dokter hewan  di  tempat yang digambarkan sangat indah kota Darrowbay Yorkshire .

Kisah-Kisah Kucing merupakan kumpulan cerita mengenai berbagai tingkah polah kucing.   Ketika Herriot  masih  sebagai dokter baru  buku literature tentang kucing  sangat minim karena pada saat  itu orang masih bergelut dengan binatang-binatang besar yang biasa ada di peternakan atau pertanian seperti kuda atau sapi, tetapi jaman berubah kini binatang-binatang kecil seperti anjing dan kucing merupakan binatang populer  untuk dipelihara hampir di setiap keluarga, dan buku-buku tentang kucing dapat dengan mudah ditemukan.

Menurut Herriot setiap kucing mempunyai pesona sendiri, seperti yang dikisahkan   di sini ,  ada 10 cerita yang ditampilkan  :
1. Alfred, Si Kucing Toko Permen
2. Oscar, Si Kucing Sosialita
3. Boris dan Kucing-kucing Mrs. Bond
4. Olly dan Ginny, Kucing yang datang untuk menetap
5. Emily dan Pria pengelana
6. Olly dan Ginny, Menetap
7. Moses, Ditemukan  di semak-semak
8. Frisk, Kucing dengan banyak nyawa
9. Olly dan Ginny, Kemenangan terbesar
10. Buster, si Kucing penangkap

Saya suka  Alfred, kucing yang tenang dan anggun serta tuannya  Geoff Hatfield  pemilik toko permen yang periang. Ketika Alfred sakit membawa pengaruh besar pada tuannya dan suasana toko yang biasanya ceria menjadi muram.

Saya kagum  pada Oscar, kucing ajaib  karena  mempunyai  kebiasaan yang membuat heran dan mencengangkan ,dia sering menghilang dari rumah untuk menghadiri pertemuan..bukan..bukan  pertemuan kucing tapi pertemuan manusia.. ya bahkan  dia  mempunyai jadwal dan tidak pernah lupa (padahal tidak punya catatan hehe) untuk  hadir dan menyimak  berbagai acara pertemuan di gedung-gedung  , pantas bila dia dijuluki  Kucing Sosialita.

Lucu dan terharu mengikuti kisah Frisk, kucing kepunyaan Dick fawsett  orang tua yang hidup sendiri.  Beberapa kali  setiap sore Frisk  koma  dan terbujur kaku  tapi keesokan harinya segar bugar kembali seperti  biasa, apakah penyebabnya..?  apakah karena kucing mempunyai  banyak nyawa ?

Olly dan Ginny  kucing liar yang menggemaskan  jinak-jinak merpati (eh.. padahal kucing),  sampai Herriot yang biasa berteman dengan kucing memerlukan waktu lama untuk dapat  akrab dengan mereka.

Saya suka dengan gaya bahasa James Herriot yang hangat dan terasa akrab dalam bercerita dan menggambarkan suasana.  Herriot  sebagai seorang dokter hewan bisa menularkan pengetahuannya tentang kucing.
-  Kucing-kucing biasanya tidak sembarangan memilih tuannya. Mungkin dia mempunyai pertimbangan tertentu dalam memilih  tempat untuk menetap (bukan sekedar mampir).  Dalam istilah Herriot bukan kita yang mengadopsi kucing tapi kucinglah yang mengadopsi  kita.   Jadi kalau ada kucing yang tiba-tiba datang ,  betah  dan memutuskan menetap di rumah kita..berbahagialah  karena anda yang terpilih :D
- Pernah mendengar bahwa kucing kalau muntah itu membersihkan  bulu yang ada di dalam perutnya. Ternyata memang benar  karena  kebiasaan kucing membersihkan badannya dengan menjilat-jilat bulunya dapat menyebabkan  penyakit kucing yang cukup berbahaya karena bisa terjadi bulu-bulu terbut menggumpal seperti bola dan bersarang di perutnya   seperti yang dialami oleh Oscar.
- Ada kucing rumahan yang manja  dan ada kucing liar yang tidak sudi tinggal di dalam rumah kecuali hanya mampir untuk mencari makan.
- Tidak seperti rumor bahwa kucing tidak setia seperti  anjing, banyak kucing yang bisa menjadi teman setia pemiliknya  dan akan selalu mencari  tuannya... Cerita nyata  paling ‘gres’ adalah kucing milik Nana anak penyanyi  Nazar ,ketika  Nana diculik  kucing nya   setiap hari selama dua hari berturut-turut  hilang dan  pulang larut dalam keadaan  kuyup  (mungkin mencari  tuannya yang hilang) lalu  mungkin   karena capek dan stress mati sebelum  Nana  ditemukan...

Salah satu alasan   saya membaca  buku ini adalah mungkin saya akan menjadi penyayang kucing.  Walaupun suka cerita-ceritanya  serta ikut merasakan kebahagiaan para pemilik kucing  dan kemudian  mencoba memahami kucing yang ada  di halaman rumah bahkan mencoba  berinteraksi  dengan saling memandang  a.k.a  eyes contact  :),
tapi  ternyata tetap saja rasa ingin memelihara itu.. tidak ada...maafkan kucing...  mungkin belum ada chemistry diantara kita...!





6 komentar:

  1. menarik ya, kisah tentang dokter hewan bersama binatang jarang ditulis dalams ebuah buku

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya apalagi yang nulisnya dokter hewan juga :)

      Hapus
  2. Wahaha... lucu bgt ada kucing sosialita si OSCAR itu =))

    Btw, mba Nannia div.event lagi ngadain BBI Anniversary lho disini http://sinopsisuntukmu.blogspot.com/2013/04/blogger-buku-indonesia-2nd-anniversary.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oscar memang kucing ajaib

      Terimakasih infonya Oky :)

      Hapus
    2. Oya, jangan lupa pendaftaran Close-Up Interview sampai tgl 16 April lho yaaa
      http://miamembaca.wordpress.com/2013/04/05/bbi-anniversary/

      Yuk ikutan biar makin akrab sama member2 baru BBI :D

      Hapus