22 Oktober 2015

100 mak nyus Jakarta


Judul               :  100 mak nyus Jakarta
Penulis            : Bodan Winarno
                           Lidia Tanod, Harry Nazarudin
Jumlah Hal.    :  305  hal.
Penerbit          : Kompas
ISBN              :  978 979 709 887 2
Rating             :  4  of  5  Stars


Sudah lamaa saya tidak pernah membaca buku resep masakan, karena belakangan ini bila ingin
mengetahui resep suatu masakahn tinggal tanya  paman Google atau lihat You tube, lebih praktis rasanya, tapi ketika saya mendapatkan  buku ini ada kepuasan lain ketika membaca, melihat gambar dan komentar dari penulisnya.

Buku ini tidak hanya berisi resep-resep masakan khas jakarta asli ( Betawi ) tetapi juga kuliner masakan dari berbagai kota di nusantara yang bisa ditemukan dan dijajakan dari pusat kota sampai peloksok Jakarta.

Daftar masakan ini terdiri dari tiga bagian:

Bagian 1 :
Kuliner Betawi Asli
Ali bagente kue betawi,
Soto tangkar demenan aye,
Jangan ente lupa Betawi,
Kuliner gahar ngegoyang lide   (v )


Bagian 2 :
Kuliner Nusantara Jakarta. dari daerah :  Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua.

Bagian 3 :
Kuliner Khusus; kuliner murah meriah yang bisa ditemui di berbagai tempat yang sangat akrab dengan warga Jakarta, yaitu Warteg, Tidak ketinggalan foodcourt kelas menengah dan restoran yang menyajikan masakan tradisional.

Selain memuat resep-resep masakan, yang menarik adalah  narasi tentang sejarah masakan tersebut, berikut  kegunaan dan pengaruh bumbu tertentu pada masakan tersebut.( sayangnya narasi ini ditulis dengan tinta hijau sehingga kadang kurang jelas  dibaca). Penjelasan nya mengenai bumbu-bumbu yang dipakai dan ungkapan penulis tentang rasa masakan yang telah bercampur bumbu dengan sempurna kadang menerbitkan selera pembacanya. Dijelaskan juga apabila adamasakan yang mempunyai persamaan dengan masakan daerah lain, sehingga kita tahu kenapa ada persamaan masakan atau bahan yang dipakai antara satu tempat dengan tempat lainnya. Tidak lupa disertakan foto hasil olahan dari resp tersebut kadang ada juga foto bahan yang mungkin banyak orang yang tidak tahu bentuknya.
Soto Kudus
Menarik disimak ternyata banyak jenis makanan yang sama dimiliki oleh beberapa daerah. Contohnya adalah  Soto, Sate, Lontong,dll. banyak daerah yang mempunyai makanan ini dengan nama yang sama  tapi  dengan ciri khas masing-masing.
Pada bagian akhir setiap resep tidak lupa Bondan merekomendasikan tempat makan favoritnya ( restoran, warteg, dll)  yang menjual makanan tersebut dengan kekhasan masing-masing.

Pada bagian kuliner khusus ditampilkan tempat-tempat makan yang sudah legendaris di Jakarta sehingga kita bisa mengengetahui dengan lebih mendetail.

Bagi pecinta kuliner dan ingin mencoba resep masakan yang bisa menggoyang lidah  tidak ada salahnya memiliki buku  ini yang dapat digunakan sebagai referensi bila ingin mencoba membuatnya atau ingin mengunjungi tempat penjual makanan tertentu yang direkomendasikan oleh penulisnya















3 komentar: