29 Februari 2012

Hotel Majestic ( Peril at End House )



Judul   :  Hotel Majestic
Judul  Asli  :  Peril at End House
Penulis : Agatha Christie
Penerjemah : Suwarni  A.S., Ny.
Tebal  :  321  hal. 
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My Rating :  3  of   4 Stars

Agtha Christie

Hercule Poirot sang detektif terkenal merasa sudah waktunya untuk pensiun. Kini waktunya untuk bersenang-senang maka dia bersama sahabatnya Kapten Hastings berlibur  menginap di Hotel Majestic  yang terletak di  St Loo kota pantai yang sangat indah di daerah selatan Inggris.
Tapi ketika kecelakaan yang misterius terjadi di depan matanya, nalurinya bangkit untuk menggunakan kembali 'sel-sel kelabu'nya.

Nick Buckley gadis cantik  penghuni "End House" rumah tua  di dekat pantai, mengalami 3 kali kecelakaan yang hampir merenggut nyawanya. Pertama hampir celaka karena  tanpa diketahui sebelumnya rem mobilnya rusak, kemudian batu besar nyaris menimpa kepalanya ketika dia lewat menuju rumahnya, dan yang ketiga sebutir peluru nyasar melubangi topi yang sedang dikenakan nya dan itu terjadi di dekat Poirot.
 End House adalah rumah kepunyaan kakek Nick  dan  dia adalah satu-satunya  pewaris ,  siapakah yang akan diuntungkan jika Nick meninggal ?, tetapi ketika ditelusuri harta yang ada tidak terlalu banyak bahkan rumah itupun sudah digadaikan. Poirot mulai mencari tahu siapakah Nick dan siapa saja teman atau orang yang berada disekitarnya. 
Untuk menjaga Nick dari segala kemungkinan, Poirot  menyuruh Nick mencari  orang yang dapat menemaninya , maka Nick mengundang sepupunya  Maggie  yang berada di luar kota untuk menemani. Namun ketika   Nick mengadakan pesta bersama teman-teman sambil melihat kembang api  di rumahnya, Maggie mati tertembak,  saat itu dia memakai syal hitam... kepunyaan Nick…
 Empat kali sudah Nick  nyaris terbunuh dan ini bukan yang terakhir karena ketika dalam pengawasan / perlindungan di Rumah sakit Nick mengalami keracunan setelah makan  coklat kiriman dari seseorang.
Kejadian-kejadian ini tentu menohok harga diri Poirot karena Nick sedang dalam pengawasannya.. 
Poirot menuliskan nama orang-orang yang ada di sekeliling Nick. Bila teorinya benar maka nama si pembunuh ada dalam daftar ini :

A.   Ellen;  pengurus rumah tangga
B.   Suami Ellen;   yang tukang kebun
C.   Anak mereka  baru berumur 10 tahun
D.   Mr. Croft, orang Australia  yang menyewa rumah di dekat End House
E.   Mrs. Croft  yang lumpuh
F.   Mrs. Rice;  sahabat Nick yang selalu kelihatan lesu, kemungkinan mendapat warisan kalau Nick 
                      meninggal 
G.   Mr. lazarus;  pengusaha pacar Mrs. Rice
H.   Komandan Chalenger;  teman Nick yang naksir Nick
I.   Mr. Charles Vyse;  sepupu Nick  juga naksir Nick dan kemungkinan mendapat warisan kalau Nick    
                meninggal 
J.    ? ;   mungkin ada orang lain yang tidak diketahui.

  Seperti biasa Poirot mulai menyusun dan merangkai kejadian-kejadian ini namun dia masih merasa ada satu bagian yang hilang .

Walaupun  kejadian-kejadian ini begitu ruwet  akhirnya  Poirot  meyakini apa yang telah ia temukan, maka dikumpulkan semua orang di End House . Dari skenario yang dirancang oleh Poirot  terbongkarlah kebohongan-kebohongan yang dilakukan oleh Mr dan Mrs Croft yang ternyata  buronan polisi Australia, dan ternyata benar ada ( J ) orang lain selain ke 9 orang dekat Nick yaitu suami Mrs. Rice yang ikut memperkeruh suasana ,  tapi  di atas semua kejahatan -kejahatan yang  memusingkan ini   ternyata Poirot  telah  menemukan  ‘sesuatu’ yang hilang , Poirot telah berhasil menemukannya .. dan  sangat mengejutkan semua orang karena ternyata pelaku pembunuhan Maggie adalah………..!! ?? apakah nama si pelaku ada dalam daftar yang telah dibuat Poirot atau apakah  ada   ( J ) yang lain ..?

Bagi yang penasaran silakan membacanya sendiri, temukan sensasi yang ditimbulkan ketika membacanya..


Membaca  cerita  Agatha Christie sangat mengasyikan karena  kita dapat mengikuti cara bekerja dan  berpikir Poirot serasa ikut terlibat  merangkai  Puzzle dan ikut mencari  ‘the missing puzzle’ yang jadi kunci  jawaban.






17 komentar:

  1. buku ini termasuk yang seru dan nggak bisa ditebak jalan ceritanya =) btw si poirot sering banget niat pensiun tapi nggak pernah jadi ya, hihihi...btw salam kenal mbak, kayanya ini pertama aku berkunjung ke sini..

    BalasHapus
  2. Hehehe.. Kadang aku berfikir kehadiran Poirot sepertinya memancing terjadinya kejahatan yang harus dipecahkan, hehe.. Padahalkan ybs di cerita ini lagi liburan :D

    BalasHapus
  3. Suka baca novel2 AC juga ya ? Iya cuman niatnya aja soalnya sampai hampir meninggal dia masih 'kerja' juga ( novel Curtain/Tirai )
    Salam kenal juga Astrid , terimakasih sdh berkunjung :D

    BalasHapus
  4. @ Annisa
    Iya dimana ada Poirot pasti ada kasus - memang sengaja dibikin begitu - hehe

    BalasHapus
  5. Mba, kalau mau baca dari seri awal kemunculan Poirot judulnya yg mana?
    Kalau baca bukunya ga urut, masih bisa diterima gaaa?

    BalasHapus
  6. hehe salam kenal juga, nyoba cr yg ada Poirotnya juga ah, selama ini saya lebih banyak ketemu Miss marple

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Dion; saya juga suka Miss Marple tapi lebih suka Poirot hehe.
      salam kenal juga juga, tmakasih sdh mampir

      Hapus
  7. Balasan
    1. @ Tezar, ayo baca..saya ga tau apa ada terbitan yang baru tapi biasa di toko buku bekas suka ada
      :D

      Hapus
  8. @okeyzz. wah ga tau tuh yang pertama yang mana ( hrus tanya sama pakarnya Qui dan Wirotomo di GRI :D ), baca ga urut juga ga apa2 ceritanya kan beda-beda..yo cobain deh :)

    BalasHapus
  9. Aku pernah mainin game Poirot yg Peril At End House ini. Dan berhubung blm baca bukunya jadi clueless sm alur ceritanya (cuma fokus sama nyelesaiin gamenya aja. hehehe). Baca review ini jadi mudeng deh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ Dewi
      wah ada game nya ya..syukur deh kl jadi mudeng :)
      thanks ya sdh mampir

      Hapus
  10. kayaknya aku emang mesti koleksi serinya Poirot nih >.<
    suka sama tokoh keren ini. :D

    BalasHapus
  11. aq hotel majestic selalu ketuker dg hotel betram...yg satunya miss marple, sama2 ok sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hotel Betram.. aku malah lupa ceritanya :)

      Hapus