25 April 2011

Neraka Dunia

Neraka duniaJudul         : Neraka Dunia
Penulis       : Nur St. Iskandar
Tebal         : 166 hal.
Penerbit     : Balai Pustaka
My rating   : 4 of 5 Stars


Ahmad Salam tokoh dalam buku ini, anak seorang saudagar kaya di Jakarta pada masa itu ( tidak ada thn. kejadian,hanya diperkirakan awal2 kemerdekaan ). Di masa muda remaja terjerumus  kedalam pergaulan yang bebas hingga ia pergi meninggalkan rumahnya merantau ke Surabaya. Di sana dia bertambah tak terkendali hingga terkena penyakit sphylis yang kemudian membuatnya sadar akan kehidupannya yang salah. Kepulangannya ke Jakarta untuk mengendalikan usaha ayahnya yang pergi naik haji (pada waktu itu pergi haji memakan waktu  lama hingga lebih dari 1 tahun ) membawa dia pada kehidupan yg lebih bersih dan bermanfaat. Persolan muncul ketika dia menikahi Aisah karena ternya  penyakitnya belum sembuh benar sehingga istri nya tertular dan mengakibatkan bayinya lahir tidak normal dan akhirnya meninggal. Perasaan bersalah menghantui dirinya. Awalnya Aisah merasa sakit hati dan  membencinya, tapi kemudian karena kebesaran cinta Aisah akhirnya dia memaafkan dan menerima kembali sang suami.

Jakarta dijaman itu sepertinya terasa indah tidak ada kemacetan jalan,dan tidak ada ketergesaan dalam hidup, sehingga para pegawai kantoran sudah bisa sampai di rumah sekitar jam 5 sore dan sudah bisa bersantai dengan keluarga..mm.. enaknya.

Hanya ada satu hal yang mengganggu, dalam cerita ini ( mungkin juga pada waktu itu ) penyakit sphylis dinamai penyakit "perempuan",mungkin kebanyakan tertular dari perempuan-perempuan jalanan? (padahal kan saling menularkan )-, tapi..  terlalu ... sexies.....kenapa nama penyakit saja harus ..bias jender..wah..



Tidak ada komentar:

Posting Komentar