25 Maret 2017

The Pelican Brief

Judul             : The Pelican Brief
Judul asli      : The Pelican Brief
Pengarang    : John Grisham
Penerjemah  : Hidayat Saleh
Jumlah hal    : 618 hal.
ISBN           : 979222888X
Penerbit        : Gramedia Pustaka Utama
My rating      :  4  of  5  stars


Berawal dari kematian dua orang hakim agung Amerika yaitu, Abraham Rosenberg hakim senior yang sudah tua dan sakit-sakitan tapi karena ini adalah jabatan seumur hidup maka dia tidak dapat diberhentikan; dan hakim Jensen hakim termuda diantara 9 hakim agung, kemudian diketahui dia adalah seorang gay, mereka berdua dibunuh secara keji. Pembunuhannya sangat rapi tidak ada jejak dan tanda yang ditinggalkan si pembunuh, ini menandakan pembunuhnya seorang profesional.  Apakah seorang pembunuh bayaran?
Presiden beserta  Flether Coal kepala stafnya yang sangat pintar dan berkuasa, memerintahkan FBI dan CIA untuk menyelidiknya.



Sementara itu Darby Shaw seorang mahasiswa hukum dari universitas Tulane New Orleans mencoba menganalisa pembunuhan ini dengan mempelajari berbagai kemungkinan dari buku-buku dan arsip-arsip yang  tersedia di perpustakaan. Selama 2 minggu dia mengurung diri  menuliskan sebuah analisa yang kemudian dia serahkan kepada Thomas Callahan, dosen sekaligus kekasihnya untuk dibaca dan dipelajari.. Thomas memberikan analisa kepada temannya seorang peyidik FBI, kemudian diserahkan  ke istana. Bagi pihak Washington (istana) analisa Darby ini merupakan kejutan,dan dirasa sangat membahayakan. Analisis ini kemudian dikenal  sebagai -Pelican Brief- . Cerita terus bergulir dengan segala keruwetan dan ketegangan yang menyebabkan kematian beberapa orang termasuk kekasih Darby, Thomas Callahan.
Bagaimana Darby menyelamatkan diri dari kejaran orang-orang misterius, dan  melepaskan diri dari semua kekacauan. Siapakah dalang di balik pembunuhan ini?

------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cerita bergulir kadang cepat , walaupun temponya kadang terasa lambat, banyak nama-nama yang terlibat sehingga harus membolak-balikkan halaman buku untuk mengingat siapa atau apa hubungan nama ini dengan jalan cerita. Sampai hampir cerita selesai saya belum mampu menebak siapa sebenarnya pelaku di balik semua pembunuhan yang terjadi.

John Grisham bercerita tentang peristiwa hukum dan politik beserta intrik-intrik yang menyelimutinya. Dia bisa membawa pembacanya untuk masuk dan ikut mencoba memecahkan masalah yang dimunculkan, walaupun jalan cerita cukup ruwet tapi bisa membuat saya bertahan untuk membaca sampai cerita berakhir.


Thriller and Crime Fiction


Tidak ada komentar:

Posting Komentar