20 Agustus 2014

Dua Saudara

Judul                : Dua Saudara
Judul Asli        : Brotherly Love
Penulis             : Jhumpa Lahiri
Penerjemah     : Anton  WP 
Tebal                : 68 hal.
ISBN                 : 9789791032759
Penerbit            : BukuKatta 
My Rating        : 4  of  5 Stars

Cerita ini  berkisah tentang kehidupan satu  keluarga di Tollygunge , Calcuta India sekitar tahun 1940 an - thn 1960 an. Di era  feodal sampai pengaruh komunis menyebar ke India.
Subash dan Udayan adalah kakak beradik yang umurnya tidak berselisih jauh, sejak kecil kemanapun mereka pergi selalu berdua , baik ke sekolah atau pergi bemain,  seperti anak kembar mereka tak pernah berpisah. Walaupun selalu bersama meraka mempunyai sifat yang berbeda:
Subash sang kakak seorang yang penurut tehadap orang tua dan sikapnya selalu berhati-hati.
Udayan, berbeda dengan kakaknya, dia sering menghilang membuat ibunya kerepotan menacari,dia anak yang pemberani.
 Udayan dengan sifat pemberaninya sering menjadi pengambil keputusan apa yang akan mereka lakukan, kerap membela kakaknya bila terjadi keributan atau ketika dimarahi ayahnya.
 Meskipun berbeda sifat mereka mempunyai penampilan yang hampir sama, tubuh yang sama besar, warna kulit pun sama campuran warna tembaga terang turunan dari orang tua mereka, roman wajah yang tajam dan rambut keriting berombak sehingga orang sering tertukar membedakan mereka.
Dalam pendidikan mereka termasuk anak yang pandai, ketik selesai SMA mereka diterima di dua  universitas terbaik di kota.  Hal ini sangat membanggakan kedua orang tua nya
  yang tidak berpendidikan tinggi.
Karena mereka kuliah di universitas yang berbeda intensitas pertemuan mulai berkurang, masing-masing  memiliki teman  dan pergaulan yang berbeda.


Thn 1967 paham komunis mulai menyebar di  India. Rupanya Udayan tepengaruh dengan paham ini dan mulai menentang ayah serta gurunya.
Udayan mendapatkan pekerjaan sebagai pengajar di sekolah teknik dekat Tollygunge kota asalnya, dia tak tertarik untuk mengembangkan karirnya. Sedangkan Subash memutuskan untuk mengambil program Ph.D.di Amerika, walaupun Udayan memintanya untuk tetap tinggal tapi  Ubash merasakan ini adalah sebuah perintah seperti biasa dari udayan,dan Subash tidak ingin mengikutinya.
Subash menikmati hidupnya di Amerika, Udayan kerap mengirimi surat dan memberitahu  bahwa dia telah menikah tanpa restu orang tua keduabela pihak.   Kemudian Subash menerima tilgram yang  memberitahukan bahwa Udayan telah mati terbunuh. 

Subash  pulang ke India,  di sana mendapati suasana  yang berbeda, baik keadaan negaranya maupun keadaan keluarganya. ..Apakah benar dulu Udayan ingin dia tetap tinggal atau itu adalah caranya agar Subash cepat pergi dan terhindar dari bahaya, itulah yang jadi pertanyaan Subash dan bagaimana pula pertemuannya dengan Gauri, istri almarhum Udayan..Sila membacanya sendiri..

             
from GR

Jhumpa Lahir, penulis Amerika keturunan India yang lahir di London tgl 11 Juli 1967, memiliki nama asli Nilanjana Sudesha. Ketika berumur 2 thn. ia dibawa orang tuanya pindah Rhode Island, Amerika.  Karya debutnya berupa kumpulan cerpen 'Interpreter of Maladies' (1999) memenangkan penghargaan Pulitzer untuk kategori fiksi pada thn. 2000..

Kini ia menetap di Roma bersama suami dan kedua anaknya.
-------------------
Saya sangat menikmati tulisan Jhumpa Lahiri, cara menggambarkan tempat  dan karakter tokoh membuat kita dapat membayangkan semuanya, mengingatkan kepada kita bahwa nasib manusia tidak akan sama, masing-masing mempunya takdir sendiri.

 Walaupun ceritanya sederhana tapi sangat menarik , sayang bukunya sangat tipis jadi  membacanya teras  belum  terpuaskan.  
Tentu saya tidak akan menolak membaca buku Jhumpa Lahiri yang lainnya.

2 komentar:

  1. nice post sob..
    article yang menarik,saya tunggu article berikutnya yach.hehe..
    maju terus dan sukses selalu...salam kenal yach...
    kunjungi blog saya ya sob,banyak tuh article2 yang seru buat dibaca..
    agen poker online terpercaya...poker uang asli..
    http://chaniaj.blogspot.com/ dan situs kesayangan kami http://oliviaclub.com
    serta sites.google kebanggaan kami https://sites.google.com/site/pokeronlineterpopuler/
    di oliviaclub.com poker online uang asli terbaik di indonesia dengan teknologi teraman dan tercanggih.
    main dan ajak teman anda bergabung dan dapatkan 20% referral fee dari house commision untuk turnover teman ajakan anda...

    BalasHapus
  2. ok gan. Keren tuh Ceritanya
    Bintang 5 deh :D.
    Saya juga menemukan website baru yang menjual softlens x2 & acuvue dengan harga terjangkau dan gratis ongkos kirim
    Ayo cek www.lensza.co.id

    BalasHapus