26 Mei 2011

Burung-Burung Manyar



Burung-Burung ManyarJudul    :  Burung-Burung Manyar
Pengarang  : Y.B. Mangunwijaya
Tebal   : 320 hal.
Penerbit  : Djambatan
My rating:  4 of 5 stars






Kisah perjalan hidup  tokoh Setadewa atau yang biasa dipanggil Teto yang melalui beberapa masa peralihan jaman, penuh dengan konflik baik konflik dalam dirinya sendiri maupun dengan lingkungan sosial nya  termasuk konflik percintaan dengan Larasati (Atik)yang dikenalnya sejak masa kanak2.


Setadewa  ( Teto ) adalah  anak kolong  yang tinggal di tangsi militer, ayahnya  Brajamukti seorang kapten pada KNIL (tentara Hindia Belanda) sedangkan ibunya Marice seorang perempuan keturunan Belanda, sejak kecil bergaul akrab dengan Atik (Larasati)  yang masih ada hubungan keluarga dengannya.
Perjalanan hidup sampai dewasa membuat Teto menjadi benci kepada para penentang Belanda dan memilih menjadi tentara NICA. Sedangkan  Atik adalah seorang nasionalis sejati yang sangat anti Belanda. Padahal Teto  sangat mencintai Atik, begitupun sebaliknya walaupun  cinta mereka tidak mpernah diungkapkan.  Cinta Teto pada Atik tidak pernah padam sampai selesai perang dan masuk jaman kemerdekaan, tapi Atik terlanjur menikah dengan Janakatamsi .

Perkenalan pertama, pertemuan ketika remaja,pertemuan ketika konflik, perpisahan dan pertemuan setelah dewasa diceritakan dengan nuansa- nuansa yang bebeda; sesal, sedih, gembira- sangat luar biasa.
Endingnya ..di luar dugaan :)

Lalu apakah hubungannya dengan burung Manyar, dijelaskan dalam disertasi Atik ketika mengambil gelar Doktor, bahwa burung Manyar ketika dewasa berlomba-lomba untuk membuat sarang seindah mungkin untuk menarik perhatian betina, sementara sang jantan bersusah payah membuat sarang sang betina memperhatikannya dengan santai. Ketika tiba waktunya sang betina akan memilih sarang yang menurutnya paling indah yang tidak terpilih akan merusak dan membuang sarangnya dengan kecewa, tapi mereka tidak putus asa dan berusaha membuat sarang lagi untuk menarik perhatian betina lain. Mungkin ini gambaran lain dari Setadewa ketika melihat  kenyataan bahwa Atik yang dicintainya telah menikah dengan orang lain.


 Pelajaran yang bisa diambil adalah jangan menyimpan segala sesuatu sendiri baik dendam ataupun rindu. Sebagai makhluk sosial kita perlu teman yang bisa dipercaya untuk berbagi agar kita tidak salah memilih jalan hidup dan jangan memendam cinta dengan alasan apapun.. ungkapkanlah dan kau akan lega  ..!







Tidak ada komentar:

Posting Komentar