01 Mei 2011

The Alchemist

Sang Alkemis Judul        :  The  Alchemist
Penulis      : Paulo Coelho
Penerjemah : Tanti Lesmana
Tebal     : 213 hal.
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama
My rating:  5 of 5 Stars


Tertarik untuk membaca buku ini setelah banyak mendengar dan membaca komentar-komentar yang mengatakan buku ini bagus dan inspiratif.
Sebelum membacanya aku memperkirakan akan  membaca buku yang sulit dan memakan waktu agak lama untuk menyelesaikannya, ternyata dugaanku salah buku ini dapat diselesaikan dengan waktu yang relatif cepat karena gaya bahasanya ringan mengalir dan enak dibaca., Bahasa yang sederhana namun indah dan memikat.

Cerita seorang muda (di sini disebut sang anak )penggembala dari Andalusia yang berusaha mengejar mimpi-mimpinya memperoleh harta karun, dalam perjalanannya dia bertemu dengan berbagai macam orang mulai dari sang raja, pejual kristal, orang Inggris , suku-suku padang pasir dan di Tangier padang gurun Mesir  bertemu dengan Sang Alkemis . Berbagai pengalaman dan pembelajaran didapatnya termasuk bagaimana cara membaca tanda-tanda alam, bahasa universal, jiwa dunia, kesabaran dan kegigihan .

"Segala sesuatu di bumi ini terus menerus bertransformasi, sebab bumi ini hidup dan ..memiliki jiwa. Kita bagian dari jiwa itu, itu sebabnya kita jarang menyadari bahwa jiwa ini bekerja untuk kita' (hal. 102).


Pada akhirnya.. ketika sampai di tujuan yaitu piramida-piramida di Mesir ternyata jauh di luar dugaan karena apa yang dicarinya terdapat di..... (silakan baca sendiri ).

"Mengapa kita harus mendengarkan suara hati kita?
"Sebab, di mana hatimu berada, di situlah hartamu berada."

Belajarlah mengenali pertanda-pertanda , dan ikutilah petunjuk mereka.


Pertanda ada dimana-mana kitalah yang harus mengasah kemampuan untuk membacanya, mungkin itulah yang dimaksud oleh wahyu pertama yang diterima oleh Nabi Muhammad SAW..."IQRA" karena iqra tidak hanya berarti membaca yang tersurat tapi juga yang tersirat di sekeliling kita.

Segala sesuatu telah tertulis disana...Maktub.. !






2 komentar:

  1. sebenernya aku pengen banget suka sama buku ini, karena intinya sih bagus, tapi di beberapa bagian aku rada kurang setuju sama alur dan ideologi penulisnya.. tapi overall buku ini emang bagus kok :)

    nice review

    BalasHapus
  2. banyak yang bisa diambil sebagai pelajaran walaupun mungkin ada juga yang kurang pas jadi tak perlu diambil , semua tergantung selera :)

    Terimakasih ya sdh mampir :D

    BalasHapus