25 April 2011

Bumi Cinta

Bumi Cinta Judul  : Bumi Manusia
Penulis  : Habiburrahman El Shirazy
 Tebal   : 546 hal.
Penerbit : Basmala
My rating : 3 of 5 Stars


Saya sudah lama tidak membaca buku kang Abik, sejak bukunya yang pertama dan satu-satunya yang saya baca dan tonton filmnya yaitu Ayat-Ayat Cinta.
Ketika membaca buku ini saya menjumpai ide dan pola cerita yang sama dengan tokoh yang sempurna hanya tempat dan nama para pelaku yang berbeda.
It's another Ayat-ayat Cinta !

Muhammad Ayyas seorang pemuda Indonesia, sarjana lulusan Universitas di Madinah,  mengikuti program pasca Sarjana di India, sedang  melakukan riset tentang  Sejarah Islam di Rusia pada masa kepemimpinan Stalin.  . Di sana dia bertemu dengan wanita-wanita cantik yang menurut Ayyas sangat menggoda imannya. Mulai dari teman-teman satu apatemen nya yaitu : Yelena yang ternyata seorang pelacur kelas atas, Linor seorang pemain biola  kemudian diketahui sebagai agen rahasia Yahudi,  Anastasia  perempuan jelita dan pintar asisten dosen yang ditugaskan untuk menjadi pembimbing Ayyas karena dosen pembimbingnya sedang berhalangan.

Ayyas digambarkan sebagai  seorang pemuda yang sempurna ; kuat iman, pintar, baik hati, sederhana, tampan, tidak sombong ( lengkap deh ),  hampir semua wanita yang dijumpai akhirnya akan jatuh cinta kepadanya.

Konflik atau tantangan cerita terasa kurang mengigit,klimaks cerita tidak terasa. Untungnya masih tertolong dengan penggambaran Rusia yang lumayan detil.
Sebagai novel Islami mudah-mudahanan berhasil menyampaikan dakwahnya, walaupun di bagian-bagian akhir saya membacanya hanya diskiming karena terlalu melebar dan alur cerita terasa lambat sehingga agak capek membacanya..

 Bagian akhirnya agak menggantung, mungkinkah kisah ini akan berlanjut ?




Tidak ada komentar:

Posting Komentar